Friends

Selasa, 26 Oktober 2010

Membatasi Akses Login Root di Virtual Console


User root merupakan user yang memiliki hak akses tertinggi di komputer Linux kita. Namun apa jadinya jika user ini dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab, salah satunya orang tersebut bisa saja merusak sistem bahkan hingga menghapus sistem secara keseluruhan.
Berbagai cara sudah dibuat untuk mengatasinya, misal dengan menggunakan password yang sangat unik atau sangat panjang. Selain itu juga dapat dengan membatasi akses login root secara langsung, artinya kita tidak dapat login dengan mengetikkan root dan memasukkan password meski kita mengetahuinya.
Untuk membatasi akses login root melalui virtual console (mode teks) kita hanya cukup mengedit file /etc/securetty. Berikut adalah contoh dari isi file tersebut :

tty1
tty2
tty3
tty4
tty5
tty6
vc/1
vc/2
vc/3
vc/4
vc/5
vc/6
Nah untuk membatasi akses login root, misal dari virtual console ke-1, maka hilangkan tulisan tty1.
tty2
tty3
tty4
tty5
tty6
vc/1
vc/2
vc/3
vc/4
vc/5
vc/6
Jika ingin membatasi akses login root pada virtual console ke-2, maka hilangkan tulisan tty2, dan seterusnya. Kalau memang tidak ingin memperbolehkan login root pada mode teks, maka hilangkan saja semua tulisan tty. Sehingga login root hanya bisa melalui perintah su (subtitute user). Cukup mudah bukan!.
  • Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###