Friends

Minggu, 24 Oktober 2010

Open Office

Sewaktu kita menginstall Linux apa saja khususnya Fedora 12 Sebenarnya telah menyertakan Paket Aplikasi OpenOffice versi 3.1. Nah karena sekarang openoffice sudah release versi terbaru yaitu versi 3.2.0 tidak ada salahnya kan kalau kita mengupdate aplikasi ini biar lebih canggih lagi, apalagi paket OpenOffice ini bisa kita download dan install tanpa harus membayar alias gratis.
Sebelum kita bahas step step installasinya yang perlu anda ketahui bahwa untuk menginstall ataupun mengupdate aplikasi di fedora 12 ini sebenarnya kita bisa menggunakan fasilitas “Yum”. Mengenai apa itu “YUM” silahkan baca artikel tentang si anjing kuning ini sebelumnya. Akan tetapi karena OpenOffice 3.2.0 ini belum tersedia di server repository fedora jadi kita tidak bisa menggunakan tools ini untuk menginstall OpenOffice 3.2.0. Eitss jangan kawatir dulu proses installasi aplikasi ini cukup mudah koq apalagi bagi pembaca yang sudah terbiasa melakukan installasi aplikasi tambahan di komputernya. dijamin mudah dan murah meriah.

Untuk bisa menginstall OpenOffice 3.2 ini terlebih dahulu kita harus menguninstall OpenOffice versi sebelumnya yang sudah terinstall di komputer. Untuk menguninstall aplikasi OpenOffice kita akan menggunakan tools YUM dengan menjalankan baris perintah di bawah ini :
[root@HarmiPrasetyo harmi]# yum -y remove openoffice.org
silahkan tunggu sampai proses uninstall selesai seluruhnya. Proses selanjutnya  mendownload paket OpenOffice.org3.2.0 dari main server ataupun dari mirror open office terdekat.
[root@HarmiPrasetyo harmi]# wget http://download.services.openoffice.org/files/stable/3.2.0/OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US.tar.gz
jalankan baris perintah diatas untuk mendownload paket OpenOffice.or3.2.0 dari dealer server terdekat.. setelah berhasil di download silahkan ekstrak file tersebut dengan perintah :
[root@HarmiPrasetyo harmi]# tar -zxvf  OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US.tar.gz
Selanjutnya jika sudah di ekstrak silahkan switch ke direktori hasil ekstrak tersebut dengan menjalankan perintah :
[root@HarmiPrasetyo harmi]# Cd OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US
Pastikan bahwa anda di direktori tersebut dan selanjutnya tinggal mengeksekusi file setup dengan menjalankan perintah :
[root@HarmiPrasetyo harmi]# ./setup
dengan perintah itu maka akan memunculkan installation wizard OpenOffice.org.3.2.0 dan selanjutnya silahkan anda meneruskan apa yang di instruksikan dalam proses installasi ini sampai selesai.
Jika Proses installasi sudah selesai maka anda bisa segera mencoba menggunakan OpenOffice.org.3.2.0
–end–

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###