Friends

Sabtu, 23 Oktober 2010

Penjelasan tentang penggunaan scanner dan Latihan penggunaan untuk Scan Photo

Pengenalan Tentang Scanner

Pelajaran kita kali ini ada menggunakan alat scanner 「Canon LIDE60 SCANNER LIDE60」: 「Canon」adalah perusahaan komputer,「LIDE60 SCANNER LIDE60」adalah no serinya.
Canon LIDE60 SCANNER LIDE60 adalah scanner warna, ketajamannya adalah 1200DPI, setiap inch ada 1200 titik, berarti setiap bit ada 472 titik.「DPI」adalah singkatan dari「Dots Per Inch」, mengambarkan tentang ketajaman gambarnya.
Karena scanner adalah alat teknologi yang canggih, maka kami harap para murid dapat berhati - hati dalam menggunakannya:
  1. Install, maupun pembukaan alatnya harap dapat berhati - hati dalam memindahkannya, harap tidak mengetok, mengoyang dan menaruh air diatas alat - alat elektronik.
  2. Harap tidak mengunakan jari tangan atau telapak tangan untuk menyentuh kaca yang ada di scanner, karena bekas dari jari tangan akan menyebabkan menurunnya kualitas dari scanner, atau akan menyebabkan adanya jamuran.
  3. Disaat menggunakan scanner harap berhati - hati dalam membuka dan menutup penutupnya, dan tidak menaruh barang yang berat diatas scanner.

dasar-dasar penggunaan scanner, ditambah software photostudio untuk mengedit gambar

1. buka program scanner

「start」→「All Programs」→「ArcSoft PhotoStudio」→「PhotoStudio 5」
Pada umumnya, kita dapat langsung mengaktifkan program scanner di setiap program pembuatan photo yang seperti GIMP, Photoshop, Pixia dll, maka file akan dapat bekerja dengan sendirinya, memudahkan kita untuk bekerja (seperti menyimpan file, memotong, memutar 90 derajat, mengubah ukuran, memperbaiki warna ataupun menambahkan tulisan dll). dibawah ini adalah cara untuk memakai scanner di program photoshop :

2. Menggunakan scanner untuk scan photo

  1. mulai mengaktifkan program Photostudio
  2. cara mengaktifkan program scanner: 「File」→「Acquire」→「Acquire normally」, buka pilihan scan, atau langsung menekan gambar seperti scanner di atas
  1. Taruh photo diatas kaca scanner, demi menghindari hasil scannya miring maka kita harus perhatikan kelurusan dari photo waktu menaruhnya di atas scanner.
  2. waktu mengaktifkan program scanner didalam PhotoStudio harus memperhatikan adanya waktu pemanasan lampu scanner.
  3. Scanner akan secara otomatis menampilkan "Tampilan Scan Sementara" , untuk memberitahu atau mengingatkan pengguna scanner apakah masih ada data atau dokumen diatas kaca scanner yang masih belum diproses.
  4. Setelah "Tampilan Scan Sementara" gunakan "pilihan batas" yang ada untuk memilih batas daerah yang mau discan. Dikarenakan "Tampilan Scan Sementara" bukan merupakan pilihan yang akurat, disarankan untuk batasan daerah scan dipilih lebih luas sedikit. Setelah selesai Scan gunakan PhotoStudio untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gambar baru kemudian gunakan fungsi pemotongan untuk memilih secara tepat bagian foto atau batasan foto yang diinginkan.
  5. Cara mengatur ketajaman gambar : pilih fungsi "next step → dots per inch", disarankan untuk mengubah ketajaman berdasarkan besar kecilnya gambar,jika gambarnya kecil maka ketajamannya dapat diperbesar, kalau gambar yang besar maka ketajamannya dapat diperkecil. 「ketajaman photo」sebenarnya berkaitan dengan mutu dari scanner, 1 foto yang sama makin besar ketajaman scanner maka hasil scanner akan semakin bagus, tapi lebar dan panjang foto juga akan semakin besar. untuk Mengatur hal-hal tersebut, pakai pilihan Destination dan Output.
  6. Sehabis scan, program scanner akan tertutup dengan sendirinya, gambar hasil scan otomatis akan terpampang di PhotoStudio, tetapi belum tersimpan dan belum diberi nama.
  7. Pilih menu save as, lalu simpan gambar tersebut dalam format jpg, kemudian melalui program Microsoft Paint kita akan melaksanakan pengeditan foto.

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###