Friends

Sabtu, 23 Juli 2011

Cara service Monitor Advance Gelap dan Ngeblok Hitam

Kali ini ada kasus monitor advance 15" layar gelap dan gambar sepertiganya di samping kiri ngeblok hitam. jadi gambar nggak kelihatan disebelah kiri layar. Monitor advance ini kebetulan advance 15" yang seri lama. Bagaimana cara servicenya....?

Ok, langsung saja ke pokok permasalahan,
Pertama kali yang harus anda lakukan adalah membongkar monitor dengan membuka 4 sekrupnya.
tapi sebelum sampai cara service, kang Eko mau menjelaskan bahwa monitor advance 15" ini memiliki tegangan keluaran yaitu :

1. 80 volt : tegangan untuk IC Video di blok Video / RGB
2. 55 volt : teganagn untuk B+ flyback, tapi sebelum sampai flyback tegangan 55 volt ini dinaikkan dulu oleh IRF630/730/.... menjadi tegangan 80 - 125 volt tergantung resolusi monitor yang digunakan. semakin tinggi resolusi monitor semakin tinggi tegangan B+ ini.
3. 12 volt : tegangan untuk IC vertikal dan IC program dan IC oscilator. tegangan ini sangat penting dan kalo bermasalah efeknya monitor jadi kacau.
4. -12 volt : tegangan untuk supply negatif IC vertikal
5. 6,3 volt : tegangan untuk heater. heater adalah filamen di bagian belakang tabung yang fungsinya untuk pemanasan tabung agar timbul elektron. filamen ini mirip lampu pijar.

semua tegangan di atas tidak mutlak diangka yang kang Eko sebutkan diatas. Karena tiap monitor berbeda, tapi kisaran tegangannya antara yang kang Eko sebutkan di atas tidak beda jauh.

OK, kembali ke pokok masalah, gimana cara service advance 15 yang layar gelap dan ngeblok hitam.

Monitor gelap ini terjadi karena ada penurunan tegangan heater menjadi 3-4 volt dan ini disebabkan oleh elco yang rusak / kering cairan elektrolitnya, cari elco ini dan ganti.

Untuk monitor yang layarnya ngeblok hitam separo / sepertiganya ini terjadi karena penurunan tegangan 12 volt dan ini juga terjadi karena elco yang rusak / kering. cari elco ini dan ganti.

Untuk mencari elconya cek keluaran power supply dengan Multitester dan biasanya letak elco setelah dioda yang terhubung dengan trafo power suplly.

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###