Friends

Jumat, 10 Desember 2010

Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur

Pernahkah anda mengalami masalah tinta printer kabur atau tulisan yang dihasilkan printer anda tidak jelas padahal isi tinta catridge masih banyak? Bila anda sudah lama berkutat dengan printer dan kebetulan sudah beberapa lama tidak menggunakannya lagi pasti pernah mengalami hal ini.


Apakah sebenarnya yang menyebabkan hasil cetakan printer jadi kabur dan putus-putus itu?

Jangan khawatir, anda tidak perlu mengganti catridge printer anda dengan yang baru karena catridge printer anda tidaklah rusak. Hal itu disebabkan oleh karena tinta membeku karena sudah lama tidak terpakai. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya…? Sabar, ya. Saya punya solusinya yang sering saya praktekkan sendiri. Ikutilah tutorial cara memperbaiki hasil cetakan printer yang kabur di bawah ini:

1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka dokumen word atau excel
2. Klik di sebelah atas kiri tulisan file – print
3. Klik tulisan properties pada program kerja printer anda
4. Klik tulisan maintenance
5. Sekarang telah timbul berbagai macam settingan atau pengaturan printer. Untuk mengatasi hasil cetakan printer yang kabur di sini terdapat dua pilihan, yaitu Cleaning dan deep cleaning. Pilihlah opsi pertama dulu yaitu cleaning. Opsi kedua dipilih apabila pilihan pertama masih tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.
6. Setelah anda mengklik pilihan Cleaning, akan muncul tulisan: “Do not start another operation until the cleaning has finished. After cleaning ends, execute nozzle check to check whether the print head nozzles have been undogged.” Yang artinya kurang lebih: “Jangan menjalankan program yang lain sampai proses pembersihan selesai. Setelah proses pembersihan selesai, lakukanlah pemeriksaan percikan tinta (dengan menekan nozzle check) untuk mengetahui apakah catridge sudah bisa memercikkan tinta dengan sempurna.”
7. Ada empat macam warna tinta yang harus anda periksa dengan menekan nozzle check dan print check pattern. Dalam hal ini printer anda dalam keadaan hidup. Setelah itu akan keluar hasil cetakan dengan menampilkan empat macam warna. Perhatikan, apakah masih ada di antara warna-warna tadi yang hasil cetakannya terputus-putus. Apabila masih ada, lakukanlah deep cleaning. Lakukanlah hal ini sampai tiga atau empat kali sampai hasil cetakan sempurna.
Perlu anda ketahui, semakin sering anda melakukan deep cleaning, semakin cepat tinta anda habis. Hal ini disebabkan pada proses cleaning itu printer melakukan percikan yang banyak untuk membuang tinta yang beku.

Apabila cara tersebut di atas masih tidak berhasil juga, cara lainnya adalah dengan merendam kepala catridge beberapa lama pada air hangat. Ingat, sewaktu memegang catridge jangan sampai memegang elemen samping dan bawah catridge karena hal ini bisa berakibat printer tidak akan dapat membaca catridge dan hal ini sangat fatal.

Masih tidak mendapatkan hasil yang diharapkan juga? Wah, kalau sampai cara terakhir di atas tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan juga, tidak ada cara lainnya lagi selain anda harus membeli catridge yang baru.

Yang terpenting daripada printer itu adalah cara merawatnya dan penjadwalan pemakaian printer. Jangan sampai anda tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan tinta membeku. Usahakanlah anda menggunakannya dalam waktu kurang dari seminggu. Mungkin dalam jangka waktu tiga hari anda harus memakai printer anda untuk mencetak walaupun hanya dengan selembar kertas saja.

1 komentar:

apa cara itu berlaku untuk semua jenis printer? printer saya merk hp, tidak ada bacaan maintenance di propertis .. bagaimana ?

Poskan Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###